Bagaimana Direktori Membantu Mesin Pencari

 

Pada awal era web, pengguna akan pergi ke direktori untuk menemukan situs yang relevan dengan minat mereka. Faktanya, Yahoo!, tujuan nomor satu web, dimulai sebagai direktori. Saat ini, sebagian besar pengguna mengandalkan mesin pencari, bukan direktori, untuk menemukan apa yang mereka cari.

Ketika mesin pencari mulai menjadi populer, mereka mengandalkan ‘metatag kata kunci’ halaman web untuk menentukan topik dan relevansi halaman (metatag kata kunci adalah bagian dalam kode HTML halaman web tempat webmaster dapat menyisipkan kata-kata yang relevan dengan konten halaman). Webmaster menemukan bahwa dengan memasukkan meta tag mereka dengan istilah pencarian populer yang diulang ratusan kali, mereka dapat mendorong halaman mereka ke bagian atas hasil pencarian.

Mesin pencari terjebak dalam penyalahgunaan dan memutuskan untuk mengabaikan tag meta dan mengandalkan salinan halaman web. Webmaster kemudian mulai mengisi salinan halaman mereka dengan istilah pencarian populer, sering menulisnya dengan warna yang sama dengan latar belakang halaman web, sehingga mereka dapat dideteksi oleh mesin pencari sementara tidak terlihat oleh pengguna.

Sekali lagi, mesin pencari menemukan triknya dan memutuskan bahwa cara terbaik untuk menentukan peringkat konten halaman web dan relevansi topikalnya adalah dengan mengandalkan tautan masuk dari halaman lain. Alasan di balik ini adalah bahwa jauh lebih sulit untuk mempengaruhi orang lain untuk menautkan ke Anda daripada memanipulasi elemen halaman web Anda sendiri. Faktanya, inbound link adalah dasar dari algoritma Pagerank(TM) Google.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan inbound link, di antaranya menulis artikel yang menyertakan byline Anda dengan link ke halaman Anda, bertukar link, dan mendaftarkan situs Anda di direktori.

Mencantumkan situs jasa backlink Anda di direktori yang baik mungkin merupakan cara terbaik untuk mendapatkan tautan berkualitas yang sangat dihargai oleh mesin pencari. Karena direktori bergantung pada editor manusia yang menerapkan kriteria ketat untuk membuat daftar situs, dan karena direktori mengatur informasi dalam kategori yang sangat terfokus, direktori merupakan sumber daya yang tak ternilai bagi mesin pencari untuk mengukur kualitas dan relevansi halaman web.

Singkatnya, direktori penting bukan karena mereka menghasilkan lalu lintas yang signifikan (mereka tidak), tetapi karena mereka diberikan sangat penting oleh mesin pencari untuk memenuhi syarat dan peringkat halaman web, dan untuk menentukan relevansi topikal mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *